Lengkap! 19 Kumpulan Istilah Digital Marketing, anak Agency dan Marketer Harus Catat
Banyak istilah digital marketing yang harus kita pelajari dan pahami karena saat ini digital marketing terus berkembang dan menjadi salah satu strategi pemasaran yang banyak digunakan oleh para pebisnis secara luas untuk mempromosikan jasa, produk, maupun brand mereka.
Sebelum menuju ke istilah digital marketing, kita harus memahami tentang digital amrketing itu sendiri. Pengertian Digital Marketing (pemasaran digital) adalah suatu kegiatan pemasaran maupun promosi sebuah brand, jasa, atau produk dengan memanfaatkan media digital, platform online, atau internet. Digital marketing membantu menjangkau lebih banyak konsumen/audiens yang lebih dalam dan luas secara tepat waktu, pribadi, serta relevan karena semua proses yang dilakukan bisa diukur dan ditarget sesuai dengan target audiens.
Ada beberapa jenis dan kegiatan yang biasanya dilakukan dalam dunia digital marketing, mulai dari pembuatan website, Social Media Marketing (SMM), Search Engine Advertising (SEA), Search Engine Optimization (SEO), Email Marketing, Content Marketing, dan masih banyak yang lain.
Berikut kumpulan istilah Digital Marketing bagi brand yang mempromosikan bisnisnya:
1. Call to Action
Yang pertama dari istilah digital marketing adalah Call to Action. Call to Action adalah Sebuah gambar, kalimat, atau ucapan untuk memberikan instruksi dalam sebuah konten, biasanya meminta audiens atau pembaca untuk melakukan sesuatu, misalnya untuk follow, like, retweet, dan comments.
2. Content Plan
Yang kedua dari istilah digital marketing yaitu Content Plan. Content Plan adalah dokumen yang berisi kalender konten untuk posting topik apa saja. Jangka waktu berisi konten selama sebulan atau selama periode yang disetujui (misal seminggu)
3. Editorial Plan
Istilah digital marketing ketiga adalah Editorial Plan. Berisi rencana atau rincian konten yang akan dieksekusi, biasanya ditulis lebih rinci daripada Content Plan, seperti ada elemen contoh topik apa yang dibahas, caption yang akan disematkan, gaya bahasa yang digunakan, hashtag yang digunakan, melalui platform apa, tayang jam berapa, referensi video atau foto yang akan digunakan seperti apa, dll
4. Insight atau Analytics
Lanjut ke empat istilah digital marketing yaitu Insight atau Analytics. Insight tau Analytics berisi kumpulan data dari social mediamu, biasanya berupa tabel, grafik, dan angka
5. Influencer
Istilah digital marketing ke lima yaitu Influencer. Influencer adalah orang yang dianggap oleh brand dapat merepresentasikan brandnya karena memiliki followers atau Engagement Rate yang besar untuk mempromosikan produknya
6. KOL
Yang ke enam istilah digital marketing adalah KOL (bukan sayuran). KOL kepanjangan dari Key Opinion Leader adalah orang yang dapat mengubah opini orang lain terhadap sesuatu. Tugasnya sama dengan Influencer
7. Buzzer
Lalu ke tujuh istilah digital marketing sempat ramai diperdebatkan oleh netizen di media sosial yaitu Buzzer. Buzzer Sama seperti KOL ataupun Influencer, namun biasanya memiliki followers atau pengikut dan engagement rate rendah
8. Impression
Istilah digital marketing selanjutnya ialah Impression. Impression adalah Berapa kali konten dilihat
9. Reach
Ke sembilan istilah digital marketing yaitu Reach adalah berapa akun / audiens yang melihat konten
10. Engagement
Lalu terdapat istilah digital Engagement. Engagement adalah jumlah interaksi yang berada di konten. Jenis interaksinya berbeda-beda berdasarkan platform social medianya. Contoh di Twitter, engagement meliputi like, retweet, reply, media engagement (berapa kali foto diklik), bookmark dll. Sedangkan di Instagram, engagement meliputi comment, like, share, save, dll
11. Engagement Rate
Melanjutkan istilah digital marketing diatas, terdapat Engagement Rate. Engagement Rate adalah skor / penilaian yang sering dipakai untuk menentukan seberapa tinggi interaksi mu dengan followers
Rumusnya: Jumlah interaksi dibagi Impressions atau Followers, lalu hasilnya dikali 100%
12. Organic Content
Istilah digital marketing ke dua belas adalah Organic.Organic content adalah konten yang dipost oleh platform social media brand tersebut tanpa dibuat menjadi sponsored post.
13. Algoritma
Selanjutnya urutan ke tiga belas istilah digital marketing terdapat Algoritma. Algoritma adalah Aturan matematika ataupun instruksi yang secara sistematis yang disusun oleh masing-masing platform social media, yang menentukan output bagaimana orang bisa berinteraksi dengan satu sama lain di platformnya.
14. Portfolio
Ke empat belas istilah digital marketing yaitu Portofolio. Portofolio adalah kumpulan bukti dan dokumen pekerjaan (pribadi maupun kolektif) yang telah dilakukan di masa lalu secara terorganisir untuk bisa mengetahui apa yang pelamar bisa kerjakan.
15. Personal Branding
Lalu ke lima belas istilah digital marketing ada Personal Branding. Personal Branding adalah bagaimana pengambaran yang dimiliki seseorang untuk dikenal oleh orang lain di sekitarnya.
16. Benchmarking
Istilah digital marketing selanjutnya adalah Benchmarking. Benchmarking adalah Standar yang dimanfaatkan untuk membandingkan satu produk dengan produk lainnya yang masih sejenis.
17. KPI
Istilah digital marketing ke tujuh belas ialah KPI. KPI adalah nilai terukur yang digunakan untuk mengevaluasi kesuksesan suatu strategi marketing dalam mencapai target tertentu.
18. Rate card
Yang ke delapan belas dari istilah digital marketing yaitu Rate Card. Ratecard adalah dokumen yang menampilkan harga untuk berbagai penempatan iklan secara terperinci.
19. SOW (Statement of work)
Terakhir dari istilah digital marketing yaitu SOW. SOW atau Statement of work adalah dokumen terperinci yang berisikan kontrak atau perjanjian antara klien dan perusahaan. Seperti jadwal, persyaratan, penjelasan pekerjaan, metode pembayaran, tanggung jawab masing-masing pihak, dll.
Digital Marketing Telkom
Perusahaan Telkom sendiri memiliki divisi dan tim digital yang bergerak untuk menarik calon konsumen agar ingin dan tertarik pada produk ataupun jasa. Digital marketing Telkom tidak luput menggunakan media sosial untuk promosi dan iklan melalui Instagram, Facebook, Twitter, maupun Website. Tugas yang dilakukan oleh seorang digital marketing telkom diantaranya adalah:
- Mengelola sosial media
Tugas dari Social Media marketing membangun sebuah brand awareness produk atau jasa yang akan ditawarkan seperti IndiHome melalui media sosial. Selain itu tugas yang lain adalah mengatur konten yang akan keluar, membenahi tampilan media sosial, berinteraksi dengan audiens, dll. - Membuat konten
Seorang digital marketing bisa membuat konten untuk membuat materi yang bisa menambahkan nilai awareness pada produk yang dijualnya. Pembuat konten harus mengikuti arahan serta mengikuti trend yang sedang berkembang pada internet - Mengurus iklan online
Seorang digital marketing yang mengurus iklan online biasanya paham dengan proses pengiklanan berbayar melalui platform media sosial. Digital marketing yang mengurus iklan online harus bisa mengatur jangkauan dan target audiens, durasi iklan, anggaran yang diperlukan, maupun keyword atau kata kunci. - Mengurus SEO
Bagi digital marketing yang mengurus SEO biasanya berkutik dan mengandalkan mesin pencarian dalam proses kerjanya. Seorang SEO specialist harus tau trend dan perkembangan yang terjadi di internet, selain itu juga harus memiliki kemampuan analisis terhadap algoritma mesin pencari. Banyak software yang bisa digunakan dalam mengurus SEO seperti Google Analytic dan Facebook Insight untuk laporan situs analitik, serta Google Adwords untuk PPC (Pay-Per-Click).